Sabtu, 11 September 2010

KAJOL BIOGRAPHY's

Kajol, terlahir sebagai Kajlima Mukherje pada tanggal 05 agustus 1975 di Mumbai dan bersekolah di St.Joseph Convenct, Panchgani. Dia berasal dari keturunan Bangla-Marathi dan merupakan keturunan dari Mukherjee-Samartha yang mana telah turut berdistribusi alam perfilman di India. Kakek buyutnya rattan Bai dan nenek buyutnya Shobana Samartha merupakan figure yang sangat berpengaruh alam kemajuan perfilman di Bollywood. Ibunya Tanuja juga memiliki reputasi sebagai artis an Juga tantenya Nutan yang merupakan satu dari beberapa artis terbaik dan telah memenankan 5 penghargaan Filfare untuk Aktris terbaik. Ayah Kajol, Shomu Mukherjee adalah seorang Produser Film yang memproduseri dan menyutradai film seperti Fiffty Fiffty (1981), Lover Boy (1985), Pathar Ke Insaan (1991) dan Sangdil sanam (1994). Pamannya Joy Mukherjee dan Debu Mukherjee juga merupakan actor terkenal di era 1960an. Sepupunya Rani Mukherjee, Sharbani Mukherjee dan Mohish behl juga merupakan artis2 Bollywood. Dan adiknya Tanisha memulai debut aktingnya di tahun 2003.



Kajol meninggalkan sekolahnya ketika dia berusia 16 tahun dan memulai debut film peramanya bersama actor Kamal Saddanah dalam film Bekhudi (1992) disutradarai oleh Rahul Rawail. Walaupun filmnya gagal dipasaran, tapi penampilannya cukup diperhitungkan. Diapun memukai penonton dalam aktingnya di film Udhar Ki Zindagi, yang juga ibintangi oleh Jeetendra dan Moushmi Chatterjee.




Dari perannya di Bekhudi, dia kemudian mendapat peran di film Baazigar (1993) berpasangan dengan Shahrukh Khan. Pasangan ini kemudian mencapat kesuksesan dalam waktu instant dan menjadi Pasangan paling sukses dan selalu menciptakan blockbuster movie seperti Karan Arjun (1995), Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995), Kuch Kuch Hota Hai (1998), Kabhi Khushi Kabhi Gham (2001) dan yang terakhir My name Is Khan (2010)




Selain berpasangan dengan SRK, Kajo, pun telah bekerjasama hamper dengan semua actor Bollywood dan sukses. Seperti filmnya bersama Akshay Kumar dan Saif Ali Khan Yeh Dillagi (1997), Dengan Bobby Deol Gupt (1996), Pyaar Kiya To Darna Kya (1997) bersama Salman Khan, Hum aapke Dil mein Rehte Hain (1997) bersama Anil Kapoor dan Pyar To hona Hi Tha (1998) bersama Ajay Devgan. Ditahun 2001 setelah film K3g rilis, Kajol memutuskan untuk beristrahat dari dunia acting selama kurang lbih 5 tahun dan dia melakukan Comeback di film yang disutradarai oleh Kunal Kohli berjudul Fanaa (2006) bersama actor Amir Khan dan sangat sukses dipasaran.


Suami Kajol, Ajay Devgan memulai debutnya sebagai sutradara di film U Me aur Hum yang rilis di bulan April 2008 dan juga mencapai box office. Kajolpun akan bermain di film animasi berjudul Toonpur Ka Superhero berpasangan dengan suaminya.


kajol telah memenangkan 4 penghargaan sebagai The Best Actress di Filmfare Award untuk film DDLJ, KKHH, K3G dan Fanaa, dia terpaut satu award dengan bibinya sendiri yaitu Nutan yang telah memenangkan 5 penghargaan sebagai Aktris Terbaik versi Filmfare Awards. Kajolpun mendapat penghargaan untuk kategori Best Villain Filmfare Award untuk film Gupt dan Best Actress Filmfare Award untuk film Tamil Minsaara Kannavu (yang di dub ke hindi dengan judul Sapnay). Peran gandanya di film Dushman (1998) dan di K3G memenangkan penghargaan Best Actress screen Awards.


Kajol menikah dengan ajay Devgan dan mempunyai seorang anak bernama Nysa dan sekarang tengah menantikan kelahiran anak keduanya yang telah memasuki usia kandungan yang ke-7 bulan. Mertuanya yaitu Veeru Devgan merupakan sutradara untuk adegan aksi dan sutradara dari film Hindustan Ki Kasam (1999). Kajol dan Ajay Devgan merupakan Duta dari Whirpool Brand of Consumer Durables dan Tata Indicom Mobile Service. Kajol bersama SRK dan rani Mukherjee juga bermain dalam iklan Pepsi. Kajol pun di jadikan duta oleh alpenliebe, Parle Marie Biscuit, Asmi Diamond Jewellery, dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar