Sabtu, 16 Oktober 2010

A look back at the SRK/Kajol jodi - Part 1


Shah Rukh Khan dan Kajol. Kajol dan Shah Rukh Khan.apa yang dapat kalian katakan tentang pasangan yang telah menciptakan 6 film dan merupakan Pasangan di Perfilman Hollywood yang paling ditunggu-tunggu. Pasangan yang telah menciptakan hit terbesar – meraih 3 Filmfare Best Actress Awards untuk Kajol dan 3 Filmfare Best Awards untuk Shah Rukh Khan. Yuk kita kembali mengenang perjalanan pasangan ini yang telah menciptakan magic pada industri perfilman Bollywood.

Baazigar
Sutradara : Abbas Mustan
Produser : Ganesh Jain
Penulis Naskah : Robin Bhatt, akash Khurana, Javed siddiqui
Musik : Anu Malik
Dibintangi oleh : ShahRukh Khan, Kajol, Shilpa Shetty, Rakhee, Dalip Tahil, Anant Mahadevan, Siddarth, Johnny Lever

Tanggal Rilis: 12 November 1993
Bazigar adalah film yang meluncurkan SRK dan Kajol sebagai pasangan. Diambil dari Novel karya ira Levin’s ditahun 1953 berjudul “A Kiss Before Dying” Baazigar menceritakan tentang seorang pemuda dalam misi balas dendam– seorang lelaki yang tak bisa dihentikan oleh apapun demi mencapai apa yang dia inginkan.

Diawali dengan sebuah kisah cinta kemudian diikuti dengan adegan yang merupakan ciri khas dari Abbas Mustam yang berusaha untuk tetap fokus hingga keakhir adegan.
Baazigar adalah film pertama Shah Rukh merupakan film pertamanya sebagai aktor utama seperti difilmnya terdahulu tapi difilm ini dia justru merupakan tokoh antagonis. Walaupun begitu Shah Rukh Mendapat tanggapan positif dan begitu banyak kritikan yang membuat film ini menjadi sukses.
Baazigar adalah film komersial pertama bagi Kajol. Walaupun Baazigar adalah film keduanya, chemistrynya difilm dengan Khan secara pasti membawanya ke sesuatu yang lebih baik.
Ketika Baazigar dirilis, penonton India sangat terkejut bahwa film ini keluar dari standar film Bollywood sebelumnya-yaitu pemeran utama wanita dibunuh oleh pemeran utama pria (Shah Rukh Khan). Dan ternyata formula ini sangat berhasil bagi seorang Shah Rukh Khan membuatnya terkenal dalam semalam.
Abbas-Mustam dan musik yang bagus saling membantu. Untuk Baazigar, mereka memilih Anu Malik dan itu merupakan ide yang sangat bagus. Sountrack dari film ini menjadi begitu tenar dipenuhi dengan berbagai macam variasi lagu cinta, sountrack Baazigar menjadi salah satu hits terbesar Anu Malik..
Baazigar juga membukikan satu hal. Film ini menunjukkan bahwa satu grup penulis lirik dan satu komposer dapat bersama menciptakan bermacam-macam dan itu bagus. Penuh dengan melodi yang indah, sounrack Baazigar menjadi begitu indah untuk dinikmati bahkan hingga hari ini.



Karan Arjun
Sutradara : Rakesh Roshan
Produser : Rakesh Roshan
Penulis Naskah : Sachin Bhowmick, Ravi Kapoor, Anwar Khan.
Musik : Rajesh Roshan
Dibintangi oleh : Shahrukh Khan, Salman Khan, Raakhee Gulzar, Kajol, Mamta Kulkarni
Tanggal rilis : 13 Januari 1995
 Tahun 1995 Roshan menawarkan sebuah drama yang lengkap. Pasangan shah Rukh Khan yang berperan sebagai Penjaga Peternakan Kudan dan Salman Khan yang berperan sebagai petinju diarena taruhan sebagai sepasang saudara yang yang berjuang demi masa lalu mereka dalam sebuah kisah reinkarnasi.
Tapi bukan itu yang kita cari. Karan Arjun walaupun bercerita tentang kakak adik tapi merupakan hits selanjutnya dari pasangan Shahrukh Khan dan kajol.
Walaupun pasangan ini hanyalah bagian kecil dari film, tapi level kenyamanan pada keduanya sudah mulai terlihat. Shah Rukh telah menghasilkan 6 hits, memenangkan 1 filmfare award dan sudah mempunyai nama. Kajol sejauh ini telah menghasilkan 4 film dan memiliki satu film hits dalam remake film sabrina , Yeh Dillagi, pada saat Karan Arjun dirilis dipasaran.
Chemistry diantara keduanya adalah ibarat sihir, walaupun mereka tidak banyak bermain dalam dalam satu adegan tapi merupakan bagian yang dinantikan untuk ditonton.
Musik film inipun sangat bagus. Rajesh Roshan yang selalu menyajikan musik terbaiknya untuk film-film saudaranya dan terus berlangsung hingga saat ini. Mungkin karena hubungan keluarga, menurutku. Film ini memiliki beberapa lagu yang sangat melodius, seperti lagu yang dinyanyikan Lata Mangeshkar ‘Ek Munda’ dan bagian Mamta Kulkarni ‘Gup Chup’. Walaupun begitu, yang merupakan lagu terbaik selain ‘Yeh Bandhan Toh’ adalah Shah Rukh Khan dan kajol dalam ‘Jhatti Houn Main’ yang tak dapat terbayangkan dibawakan oleh pasangan lainnya….

1 komentar: